Kamis, 14 Juli 2011

TEAM LEADERSHIP TRAINING

3. TEAM LEADERSHIP TRAINING

Pemimpin haruslah memiliki misi, tujuan, nilai-nilai, program kerja yang jelas dan menarik bagi anggota tim. Seorang pemimpin haruslah mampu membuat keputusan-keputusan yang adil dan dapat menjaga keseimbangan internal tim. Pemimpin juga harus mampu menyediakan sumber daya, dan membangun moral dan produktivitas, serta dapat menjaga kredibilitas tim dimata pihak-pihak ekternal. Artinya memang tidak mudah untuk bisa menjadi seorang pemimpin.
Pemimpin berbeda dengan manajer atau pun supervisor. Pemimpin bisa jadi membawahi manajer atau superisor yang dapat membantu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajer dan supervisor pun haruslah juga mampu menjadi seorang pemimpin bagi tim yang lebih kecil dibawahnya. Seringkali manajer atau supervisor masih suka berlindung di bawah seorang pemimpin, dan tidak suka mengambil tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Artinya tidak semua manajer dan supervisor adalah pemimpin bagi tim dibawahnya.
Pemimpin harus diciptakan. Organisasi agar dapat bertumbuh dan eksis keberadaanya dalam kurun waktu jangka panjang, haruslah mempersiapkan kader-kader pemimpin masa depan. Persaingan bisnis ke depan akan semakin ketat, dan haya organiasasi yang memilki pemimpin-pemimpin yang tangguhlah yang akan mampu bertahan dalam persaingan.

Guna mempersiapkan, dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan tim, maka Rakit Consultant dengan bangga dan penuh percaya diri mengajak anda untuk mengikuti trainingTEAM LEADERSHIP TRAINING”.

Training Objectives
Setelah mengikuti proses training ini, peserta diharapkan :
  • Dapat merumuskan misi, tujuan, program kerja, iklim, irama (nilai-nilai), dan kebijakan tim secara spesifik.1
  • Mampu memberikan pengertian kepada anggota tim tentang latar belakang dari kebijakan-kebijakan organisasi.1
  • Mengerti bagaimana menggunakan kewenangan formal dan power yang dimilikinya secara adil dan seimbang.1
  • Memahami strategi untuk membangun semangat moral dan produktivitas tim (kebijakan-kebijakan : merekrut dan menyemangati, memberikan penugasan, training lintas pekerjaan, dll).1
  • Mengerti sumber-sumber daya yang dibutuhkan tim dan bagaimana memastikan pemenuhannya. (personil, informasi, dan sumber daya lainnya).1
  • Mengerti bagaimana memastikan anggota tim menerima misi, tujuan, agenda/ program kerja, iklim, irama, dan kebijakan yang ditetapkan.1

Training Methods
  • Simulasi/ praktek dengan direct feed back
  • Presentasi singkat dan tanya jawab.
  • Games
  • Diskusi Kelompok

Competency
  • Team Leadership

Training Duration
  • 3 hari, terbagi dalam 12 session

Training Paticipant
  • Asisten Supervisor
  • Supervisor
  • Asisten Manajer.
  • Manajer
  • Management Trainee.

Training Evaluation
  • Evaluasi reaktif peserta
  • Evaluasi proses : kognitif dan keterampilan proses.
Trainer / Fasilitator
  • Tim Rakit Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar