Kamis, 14 Juli 2011

TRAINING : DEVELOPING JOB DESCRIPTION

16. DEVELOPING JOB DESCRIPTION

Bisa kita bayangkan apa yang terjadi jika sekumpulan individu yang mengatasnamakan 'organisasi' tidak memiliki pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Konflik disana sini bisa dipastikan akan terjadi. Setiap individu akan mengalami kebingungan tentang peran mereka dalam organiasasi tersebut. Satu peran bisa jadi diperankan oleh lebih dari satu individu, sehingga tidak menutup kemungkinan mencampuradukkan peran antara satu dengan yang lain akan memicu perselisihan antar pribadi.
Ketika tidak ada pembagian peran dan tanggung jawab yang jelas dalam organisasi, tim rekrutmen juga akan mengalami kesulitan dalam menentukan persyaratan/ kualifikasi jabatan yang dipersyaratkan oleh organisasi. Sehingga kerja tim rekrutmen meraba-raba dan tidak efektif.
Disamping itu ketidakjelasan peran juga dapat berdampak pada kinerja individu yang rendah. Organisasi terkesan memiliki banyak anggota namun demikian kontribusi dari setiap anggotanya tidak bisa optimal, dan tidak terukur dengan jelas. Ini merupakan pemborosan bagi organisasi.
Ketika peran individu tidak jelas, maka organisasi akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan kompetensi anggotanya. Meskipun bisa saja organisasi mengirimkan setiap individu untuk mengikuti training di luaran, namun demikian bisa jadi kompetensi yang dipelajari oleh individu tersebut sebenarnya tidak diperlukan, dan bisa jadi tidak relevan dengan kebutuhan organisasi. Artinya training menjadi sebuah pemborosan.
Ketika dalam organisasi tidak ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas kita juga tidak mungkin akan bisa membobot setiap posisi. Artinya, peran dan tanggung jawab masing-masing individu tidak dapat dinilai, sehingga kita tidak bisa membedakan, mana pekerjaan yang bernilai tinggi dan layak untuk mendapatkan penghargaan sepadan, dan mana pekerjaan yang bernilai rendah. Dampaknya adalah keseimbangan internal organisasi dalam hal ini tidak dapat terwujud.
Guna meningkatkan kinerja tim anda agar mampu merancang Job Description yang berkualitas, maka Rakit Consultant dengan bangga dan penuh percaya diri mengajak anda untuk mengikuti training DEVELOPING JOB DESCRIPTION”.

Training Objectives
Setelah mengikuti proses training ini, peserta diharapkan :

  • Mengerti konsep peran dan Tanggung Jawab dalam organisasi.
  • Mengerti konsep Struktur Organisasi.
  • Mengeti fungsi/ manfaat Job Description bagi organisasi.
  • Dapat menjelaskan bagian-bagian Job Description.
  • Mengerti sumber-sumber data sebagai bahan penulisan Job Description.
  • Mengerti teknik menulis Job Description secara efektif.
  • Dapat menulis Job Description dalam sebuah latihan.
  • Dapat mengkaitkan Job Description dengan kompetensi-kompetensi yang relevan.
  • Dapat membuat Job Evaluation menggunakan tools sederhana dalam sebuah praktik.
  • Dapat membuat kualifikasi jabatan dalam sebuah praktik.
  • Dapat menentukan training yang dipersyaratkan dalam Job Description.

Training Methods
  • Simulasi/praktek dengan direct feed back
  • Presentasi singkat dan tanya jawab.
  • Diskusi kelompok
  • Studi Kasus.

Competency
  • Technical Expertise (Organization Development: Job Design and Job Evaluation).

Training Duration
  • 3 hari, terbagi dalam 12 session

Training Paticipant
  • HR Specialist
  • HR Staff
  • Organization Development Specialist
  • Organization Development Manager.
  • Compensation & Benefit Specialist.
  • HRD Manager.
  • Praktisi Human Capital Management/ Human Resources lainnya.

Training Evaluation
  • Evaluasi reaktif peserta
  • Evaluasi proses : kognitif dan keterampilan proses.

Trainer / Fasilitator
  • Tim Rakit Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar